Biografi Sandiaga Uno – Profil Pengusaha Sukses Indonesia yang Pernah di PHK

Biodata Sandiaga Uno
Sandiaga Salahudin Uno

Sandiaga Salahudin Uno atau Sandiaga Uno atau Sandi Uno adalah salah satu pengusaha sukses Indonesia. Ia mengawali usahanya karena dirinya dipecat atau di PHK dari perusahaan tempat ia bekerja.

Sandiaga Uno adalah sosok yang sangat kharismatik. Wajahnya yang lumayan ganteng, badannya yang tinggi dan kekar , pandai dalam berbisnis, dibungkus dengan penampilan yang bersahaja, santun dan alim membuat sosok Sandiaga Uno cepat mendapat perhatian public.

Sandiaga Uno masuk dalam dunia bisnis karena kecelakaan, mksudnya bagaimana? silahkan dibaca lanjutannya


Akhir-akhir ini terdengar kabar jika Bapak Sandiaga Uno akan dijagokann dalam pemilihan gubernu DKI Jakarta tahun depan. Diusung oleh Partai Gerindra pimpinan Bapak Prabowo Subianto.
Di artikel ini kami tidak akan membahas terlalu jauh masalah politik. Kami hanya akan mengupas perjalanan sosok Sandiaga Salahudin Uno dari karyawan yang pernah di PHK menjadi seorang pengusaha sukses dengann berbagai lini usaha besar seperti saat ini.

Biografi Sandiaga Uno, Profil dan Sukses Story Sandiaga Uno

Sandiaga Uno adalah profil pengusaha sukses di Indonesia yang bisnisnya bukan dari warisan orang tua. Sandiaga Uno dilahirkan pada tanggal 28 Juni 1969. Beliau adalah putra dari pasangan suami istri Razif Halik Uno atau Henk Uno dan Rachmini Rachman atau Mien Uno. Sandiaga Salahudin Uno dilahirkan di Rumbai, Pekanbaru.

Masa Kecil Sandiaga Uno

Mien Uno
Sandiaga Uno, Kakak dan Orang tuanya

Kesuksesan Sandiaga Uno saat ini sepertinya memang telah dipersiapkan oleh orangtuanya. Sosok ibunda yaitu ibu Mien Uno adalah ibu yang sangat disiplin pada anaknya, bahkan cenderung keras. Sandiaga dan sang kakak sejak kecil sudah dibiasakan untuk membuat jadwal sehari-hari dan harus mematuhinya.

Misalkan jadwal bangun jam berapa, mandi, ke sekolah, belajar, bermain dan lain-lain. Jika Sandi aga dan sang kakak melanggar jadwal yang sudah dibuat, tak segan-segan ia mendapat hukuman dari ibunda. Tak tanggung-tanggung hukumannya berupa ikat pinggang yang mendarat di pantat.

Ketika Sandiaga ditanya, bagaimana seorang Ibunda Mien Uno mendidik Sandiaga Uno. Sandiaga Uno hanya menjawab jika itu diceritakan saat ini maka akan masuk kategori KDRT, begitu jawabnya. Namun hasil didikan orangtuanya terutama ibundanya itulah yang saat ini dirasakan manfaatnya oleh Sandiaga Uno. Ia ditempa menjadi pribadi yang disiplin, tangguh dan pantang menyerah.

Ketika kuliah di Wichita State University, Amerika Serikat, Sandiaga sangat merasakan manfaat disiplin yang ditanamkan ibunda. Bangun pagi dan membaca materi kuliah seminggu sebelum kuliah itu berlangsung sudah jadi kebiasaan nya.

Tak pelak lagi Sandiaga Uno berhasil lulus dengan predikat Summa  Cumlaude. Selulus dari Wichita State University, ia bekerja di Bank Summa yaitu pada tahun 1990. Pada tahun 1991 Sandiaga Uno mendapat beasiswa di George Washington University, Amerika Serikat. Dan ia berhasil lulus dengan predikat Cumlaud juga yaitu IPK 4.00.

Sandiaga Uno memang dari kecil bercita-cita ingin jadi professional, ia ingin sempurna di bidang akademis dan kemudian bekerja di perusahaan multinasional yang bonafit dan merintis jenjang karier disana. Bagi Sandiaga yang memiliki prestasi akademis sedemikian cemerlang, untuk mendapatkan pekerjaan yang ia impikan tidaklah sulit. Pria yang hobi basket dan lari pagi ini kemudian berkarier di Seapower Asia Investment Limited di Singapura pada tahun 1993.

Sandiaga Uno juga bergabung di grup MP Holding Limited. Kemudian di tahun 1995 pindah ke NTI Resources Ltd di Kanada. Di perusahaan inilah karir Sandiaga Uno semakin menanjak, ia dinobatkan sebagai Executive Vice President NTI Resources Ltd. Ia adalah CEO termuda saat itu. Dengan penghasilan 8000 US Dollar dan dengan segala tunjangan , fasilitas dan nama baik tentu ini pencapaian yang sangat luar biasa bagi seorang Sandiaga.

Sandiaga Uno diPHK Dari Perusahaan

Tak ada yang menyangka akan takdir Yang Maha Kuasa. Tahun 1998 saat krisis moneter menempa Asia. Sandiaga mendapat surat dipagi hari, dan begitu terkejutnya ternyata itu adalah surat PHK. Krisis moneter ternyata juga berdampak ke perusahaan tempat Sandi bekerja. Seperti petir di siang bolong , pekerjaan yang diimpikan dan diperjuangkan itu lenyap begitu saja.

Sandiaga sangat terpukul. Saat itu ia tak punya apa-apa. Uang tabungannya habis untuk berbisnis saham,, dirinya diPHK dari perusahaannya, sedang dia saat itu barusaja memiliki keluarga dan anak kecil yang harus dinafkahi.

Sandiaga Uno pun memutuskan untuk kembali ke Indonesia, ke rumah orangtuanya. Disitulah beliau mencoba melamar di perusahaan Indonesia. Namun apa dikata, kondisi krismon tentu tak ada perusahaan yang mau menerima karena mereka pada sulit semua kondisinya. Ibaratnya belum melamar pun, ia sudah ditolak oleh lebih dari 20 perusahaan. Surat lamaran kerja tak ada yang dibalas oleh perusahaan.

Sandiaga Uno Mendirikan Bisnis Sendiri

Ditengah kekacauan itu Sandiaga akhirnya memutuskan untuk berbisnis sendiri bersama teman SMA nya yaitu Bapak Rosan Perkasa Roeslani. Sandiaga berfikir , saat itu ada banyak sekali perusahaan yang gulung tikar karena krismon, tentu banyak dari perusahaan itu yang memerlukan konsultan keuangan untuk menyelamatkan perusahaan.

Sandiaga kemudian mendirikan PT. Recapital Advisor yaitu perusahaan jasa konsultasi bisnis. Sandi Uno harus berusaha mendapatkan klien untuk bisnisnya. Sangat susah sekali mendapat klien saat itu, karena mereka semua menganggap Sandi Uno masih belum pengalaman dan terlalu muda untuk menjadi konsultan bisnis.

Sandiaga Uno akhirnya memutuskan untuk menggratiskan advice yang diberikan jika restrukturisasi perusahaan kliennya gagal. Saat itu seorang konsultan dibayar sebelum melakukan kerja. Nah Sandiaga memiliki pola pikir yang dibalik, jadi ia hanya mengirim invoice penagihan kalau jasanya restrukturisasi perusahaan berhasil.

Tentu ini menjadi daya tarik bagi para pemilik usaha yang lagi dilanda kekacauan. Klien pertama Sandiaga Uno adalah Bapak Dahlan Iskan pemimpin Jawa Pos Group. Susahnya mencari  klien membuat Sandiaga benar-benar memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh Bapak Dahlan Iskan.
Sandiaga Uno akhirnya sukses dengan klien pertamanya, dan mendapatkan Rp. 10juta. Saking gembiranya, ia sampai melaminating invoice tersebut. Jika ia mengalami kendala dalam bisnisnya, ia pandangi pendapatan pertama bisnisnya itu agar tak berputus asa.

Dengan cara pembayaran diakhir inilah akhirnya banyak perusahaan yang memilih menjadi klien PT Recapital Advisor. Ternyata cara pembayaran yang diakhir ini ada efek sampingnya yaitu ada salah satu perusahaan klien yang sudah sukses restrukturisasi tapi menolak membayar jasa Sandiaga Uno, mereka maunya di hutang lagi dan didiskon separoh, atau dibayar dengan saham yang saat itu nilainya turun tajam, sebagian lagi dibayar dengan stationery bekas dan mobil bekas.

Daripada tidak dibayar akhirnya Sandiaga Uno pun menerima saja pembayaran dengan saham yang nilainya turun, mobil bekas dan stationery bekas. Tentunya beliau menerima ini dengan perasaan dongkol.

Mobil bekas itupun dijualnya, stationery bekas ia gunakan untuk menyimpan dokumen perusahaan, dan saham yang tidak bernilai itu ia simpan di loker.

Seminggu, dua minggu, tiga minggu saham yang tadinya dianggap tak berguna itu ternyata meningkat nilainya bahkan melebihi total invoice yang harusnya dibayar.  Begitu girangnya Sandiaga dan ia memutuskan untuk menjual saham tersebut.

Sandiaga Uno akhirnya berfikir bagaimana kalau pembayaran jasanya tidak melulu uang tapi juga saham. Dari sini beliau akhirnya membentuk perusahaan investasi yang bernama PT. Saratoga Investama. Darisini perusahaannya pun berkembang, baik jumlah ataupun nilainya.

Sampai saat ini ada lebih dari 10 perusahaan dibawah naungan PT. Saratoga Investama dan semuanya itu perusahaan besar semua.

Ini adalah daftar perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh Sandiaga Uno baik itu sebagai pribadi ataupun dibawah PT. Saratoga Investama

PT Adaro Indonesia
PT Indonesia Bulk Terminal
PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia
Interra Resources Limited
PT. iFORTE SOLUSI INFOTEK
PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk
PT Gilang Agung Persada
PT Lintas Marga Sedaya
PT Tower Bersama Infrastructure Tbk
Dst
Itulah gurita bisnis Sandiaga Uno.

Tahun  2013, Sandiaga Uno dinobatkan sebagai Orang Teerkaya di Indonesia no 47 oleh majalah Forbes. Tapi bagi Sandiaga, title sebagai orang terkaya itu tak memberikan pengaruh apa-apa bagi dirinya. Beliau mengatakan bahwa itu hanya memberi inspirasi saja bagi para pengusaha untuk memacu usahanya, hanya itu saja.

Dibalik Kesuksesan Sandiaga Uno

Nur Asia Uno Istri Sandiaga Uno
Sandiaga Uno dan Istri Nur Asia Uno

Siapa saja yang sangat berjasa dibalik kesuksesannya, Sandiaga Uno sendiri mengatakan bahwa orang tua terutama ibunya adalah orang yang sangat berjasa membentuk karakternya, terutama kedisiplinannya dan kerja kerasnya.

Orang kedua adalah sang istri, Nur Asia Uno yang selalu mendukung keputusan dirinya , dan sabarnya sang istri saat seorang Sandiaga Uno mengalami masa-masa sulit tahun 1998 saat ia di PHK. Sandiaga Uno mengatakan bahwa istrinya sempat menjual semua perhiasannya demi memenuhi kebutuhan keluarga seperti membeli susu sang anak.

Yang ketiga adalah William Soeryadjaya pendiri Astra Internasional. Beliau inilah guru Sandiaga Uno dalam berbisnis.

Sandiaga Uno Membantu pelaku UKM


 Sandiaga Uno sangat ingin ikut memajukan UKM di Indonesia. Menurutnya jiwa kewirausahaan harus ditularkan jika ingin Indonesia menjadi sukses. Karena di Indonesia masih sangat sedikit sekali orang-orang yang menjadi pebisnis.

Untuk menularkan jiwa kewirausahaannya dan menyemangati para pelaku UKM, Sandiaga Uno sering melakukan dialog dan seminar dengan para mahasiswa, pelaku UKM dan pebisnis pemula.

Kartu “AS” Sandiaga Uno


Ada 4 “AS” kiat sukses Sandiaga Uno dalam menjalankan bisnis hingga sukses yang dicapainya saat ini , berikut ini pemaparannya :
1.       Kerja KerAS
2.       Kerja CerdAS
3.       Kerja TuntAS
4.       Kerja IklAS

Biodata Sandiaga Salahudin Uno


Nama
Sandiaga Salahudin Uno
TTL
Pekanbaru, 28 Juni 1969
Nama Ayah
Razif Halik Uno (Henk Uno)
Nama Ibu
Rachmini Rachman (Mien Uno)
Pendidikan
Bachelor of Bussiness Administration predikat Summa Cumlaude, Wichita State University
Master of Bussiness Administration dari George Washington University
Spouse
Nur Asia Uno (istri)
Anak
Aneesha Atheera Uno
Amyra Atheefa Uno
Sulaiman Salddin Uno
Karier
Summa Group 1990-1993
Seapower Asia Investment Limited, Singapura (1993-1994)
MP Holding Limited Group, Singapura (1994-1995)
NTI Resources Limited, Calgary, Canada (1995-1998)
PT Saratoga Investama Sedaya (1998-2015)
dst

Olahraga Favorit  Basket
Jogging

Sandiaga Uno Masuk Politik

Ada kabar bahwa Sandiaga Uno akan masuk ke jalur politik. Beliau "dipinang" oleh Prabowo Subianto dari Partai Gerindra untuk menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta dalam pemilihan gubernur tahun depan. Ya kita tunggu saja ya kabar baiknya.

Itulah Biografi dan Profil Sandiaga Uno, Pebisnis, Pengusaha sukses di Indonesia. Semoga bermanfaat dan memberikan pencerahan. Trimakasih sudah berkunjung di blog kami. Jika ingin berkomentar silahkan tulis di kolom komentar bawah ini. Mohon tidak spamming dan tetap menjaga sopan santun dalam berkomentar ya.


Baca juga artikel berikut ini :

Biografi Linda Ikeji – Bloger Sukses Berpenghasilan 1M Rupiah per Bulan Hanya Dari Blog Gratisan
Biografi Nadiem Makarim – Lulusan Harvard Pendiri Gojek | Startup Gojek
Biografi Raisa Andriana – Artis, Penyanyi Berbakat Indonesia | Pelantun Lagu Serba Salah
Biografi Diajeng Lestari – Pendiri HijUp.com | Istri Achmad Zaky Pendiri Bukalapak.com
Biografi Achmad Zaky – Pendiri Bukalapak Situs Belanja Online Indonesia
Biografi William Tanuwijaya – Pendiri Tokopedia, Situs Jual Beli Online Indonesia
Biografi Iko Uwais ­– Aktor Indonesia yang Ahli Pencak Silat
Biografi Isyana Sarasvati - Artis Indonesia Multi Talenta
Biografi Wong Fei Hung – Ulama, Ahli Kung Fu dan Thabib Terkenal dari Tiongkok
Biografi Mesut Ozil – Pemain Bola Dunia Asal Jerman yang Santun
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Biografi-tokohpenemu.blogspot.com

1 komentar:

  1. ZEUSBOLA merupakan situs judi bola88 online yang menyediakan berbagai permainan judi online uang asli terbaik seperti taruhan judi bola online, casino online, slot online, poker online, tembak ikan, bola tangkas, togel online dan masih banyak lainnya.

    Bonus Extra Dari Zeusbola :
    Bonus Every Day 10%
    Bonus New Member 15%
    Rollingan Live Casino & Slots 0.6% Dari Jumlah Turn Over
    Bonus Cashback 15% + Rollingan 0.6% Setiap Minggu
    Rollingan IDNPoker 0.5% Dari Jumlah Turn Over
    Rollingan IDNLIVE 0.6% Dari Jumlah Turn Over
    Freechips Extra Turn Over Poker Online
    Claim Reward Level – Up


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607




    BalasHapus