Biografi Pengusaha Sukses Riza Chalid Sebagai Saudagar Minyak di Indonesia

Biografi Pengusaha Sukses - Awalnya media tidak begitu akrab dengan pengusaha minyak yang satu ini. Namun namanya semakin mencuat semenjak kasus tentang perpanjangan izin operasi PT Freeport. Namanya semakin tersiar karena keterlibatannya dalam kasus tersebut. Beliau adalah Muhammad Riza Chalid yang lebih dikenal sebagai 'Saudagar Minyak' di Indonesia.

Sebutan itu diberikan karena ia terlalu mendominasi bisnis impor minyak oleh Petral. Petral sendiri bukan lain adalah anak perusahaan miliknya. Namanya semakin terkenal karena disebut oleh Ma'roef Sjamsoeddin yang menyebutkan bahwa Rizalah yang memintakan saham Freeport 11% untuk Presiden serta 9% untuk Wakil Presiden.

Nama lain yang sering disebutkan oleh orang banyak adalah pak Muh. Pria keturunan arab ini memiliki pamor yang positif sebab suka bersosialisasi. Dalam bisnis perminyakan beliau termasuk yang disegani. Sebab beliau adalah pemilik dari Global Energy Resources yang menjadi pemasok minyak mentah 33,3% dari Pertamina Energy Services Ltd di tahun 2005.

Pengusaha ini lahir di tahun 1960 dan menjadi putra dari Chalid Rachmat dengan Siti Hindun binti Ali Alkatiri. Begitu menginjak usia matang, Riza memilih menikah dengan Roestriana Adrianti yang dikenal dengan Uchu Riza. Mereka menikah pada tahun 1985 namun harus kandas pada tahun 2012.

Riza juga masuk dalam rangkin 88 dari 150 Richest Indonesian versi Globe Asia. Dalam peringkatnya itu disebutkan bahwa Riza memiliki jumlah kekayaan USD 415 Juta melalui perusahaan Global Energy Resources. Namun banyak pihak yang meyakini bahwa kekayaan Riza tidak hanya sejumlah itu. Mungkin ini disebabkan bahwa perusahaan miliknya bukan hanya 1.

Perusahaan yang dimiliki Riza Chalid diantaranya Supreme Energy, Paramount Petro, Orion Oil, Straits Oil serta Cosmic Petroleum. Perusahaan itu berada di Singapura serta telah terdaftar di Virgin Island. Seperti diketahui bahwa kawasan tersebut termasuk ke dalam wilayah bebas dari pajak.

Baca juga : Biografi Pebisnis Tirto Utomo Pendiri Perusahan Aqua Indonesia

Perusahaan yang dimiliki olehnya ialah Pacific Place. Perusahaan tersebut merupakan mal elit di kawasan pusat Jakarta. Tak puas dengan itu, ia juga memiliki bisnis di bidang properti, beberapa tambang serta perkebunan yang tidak kecil. Dia pun menjadi salah satu pemegang saham dari Air Asia Indonesia. Jiwa sosialnya juga membuatnya membangun Kidzania di Pacific Place SCBD, Jakarta Pusat.

Kidzania merupakan tempat rekreasi edukatif yang berkombinasi dengan entertaiment unik. Tempat tersebut bukan hanya anak usia 2-16 tahun namun juga untuk orang tuanya. Tak hanya itu, Reza juga mendirikan sekolah Islam Internasional Al Jabr yang terletak di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Sekolah tersebut dikepalai oleh sang istri yang dibangun sejak tahun 2010.

Biografi Pengusaha Sukses Riza ChalidMemang diakui bahwa Riza memiliki sepak terjang luar biasa dalam dunia bisnis. Tangannya begitu lihai dalam mengatur bisnis yang ada. Sehingga tidak heran beliau menjadi salah satu pebisnis yang dikenal luar biasa di Indonesia.

Biodata Muhammad Riza Chalid

Nama Lengkap : Muhammad Riza Chalid
Nama Panggilan : Reza Chalid
Profesi : Pengusaha
Agama : Islam
Pasangan : Roestriana Adrianti
Orang Tua
Ayah : Chalid Rachmat
Ibu : Siti Hindun binti Ali Alkatiri

Demikian Biografi Riza Chalid "penguasa abadi bisnis minyak" di Indonesia. Semoga dengan penjelasan biografipengusaha.com anda dapat mengetahui pengusaha sukses yang ada di indonesia.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Biografi-tokohpenemu.blogspot.com

1 komentar:

  1. MID AUTUMN FESTIVAL 2021

    AKAN BERLANSUNG MULAI TGL 16 SEPT - 14 OKT

    ▬DENGAN HADIAH TOTAL TURNAMEN SEBESAR Rp 525.000.000 DAN AKAN DI BAGIKAN KE PEMAIN YANG MEMILIKI SKOR TERTINGGI▬

    BERIKUT PERMAINAN YANG BERPARTIPASI ADALAH
    ♦♦LEGEND OF THE FOUR BEATS
    ♦♦FU FORTUNES MEGAWAYS
    ♦♦MAJESTIC MEGAWAYS
    ♦♦PEARL LEGEND HOLD AND WIN
    ♦♦BOOK OF CAI SHEN

    SEGERA BERGABUNG DAN JADI LAH PEMENANG NYA!

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official


    BalasHapus