Biografi Pebisnis Tirto Utomo Pendiri Perusahan Aqua Indonesia

Biografi Pengusaha - Tirto Utomo yang lahir dengan nama Tiongkok Kwa Sien Biauw merupakan pebisnis yang lahir di Wonosobo 9 Maret 1930. Tirto Utomo merupakan pengusaha besar yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Kepopulerannya diraih berkat keberhasilannya menjalankan bisnis Aqua Golden Missisipi. Tirto Utomo meninggal pada 16 Maret 1994 dan dimakamkan di area pemakaman Tionghoa daerah Wonosobo.

Dalam perjalanan hidupnya Tirto Utomo menghabiskan waktu diberbagai daerah di Indonesia. Tirto Utomo pernah bersekolah di HBS Semarang, merupakan sekolah setingkat SMA. Tidak sampai lulus, Ia kemudian masuk ke SMAK St. Albertus Malang. Lulus dari bangku SMK, Tirto Utomo melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah di Universitas Gadjah Mada. Namun dalam perjalanan meraih gelar sarjana di salah satu universitas ternama tersebut, Ia tidak mampu meraihnya hingga akhirnya berpindah ke Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Di masa kuliah, Ia masih menyempatkan diri untuk mencari uang dengan bekerja di surat kabar harian Sin Po. Pekerjaan yang dilakoninya tidak main-main, karena Ia mampu menjabat hingga menjadi pimpinan redaksi. Selain di Sin Po, Tirto Utomo juga pernah berkarir di majalah Pantja Warna. Sukses di dunia jurnalistik, pada tahun 1959 Tirto Utomo memutuskan berhenti.

Keputusan yang diambilnya kemudian kian membulatkan tekad dan semangatnya untuk segera menamatkan kuliah di Universitas Indonesia dan bekerja agar dapat menghasilkan uang untuk dirinya dan keluarganya. Kemauannya untuk cepat lulus akhirnya membuahkan hasil, tak lama setelah itu Tirto Utomo lulus dan langsung mengirimkan surat lamaran kerja ke sebuah perusahaan ternama yang bergerak di bidang perminyakan, Pertamina. Setelah diterima di Pertamina, Tirto Utomo ditempatkan di daerah Pangkalan Brandan Sumatra.

Aqua didirikan Tirto Utomo dengan latar belakang yang terlihat di lingkungan kerjanya. Warga di sekitar tempat Tirto bekerja menggunakan air sungai untuk berbagai keperluan dari mandi hingga minum. Tirto kemudian berinisiatif untuk mendirikan perusahaan air dengan di bekali ketekunan. Selain itu, bekal yang dirain di Pertamina sebagai ujung tombak di bagian pemasaran membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan relasi. Pada usia 48 tahun, Tirto Utomo mengambil keputusan yang mengejutkan yaitu pensiun dini. Setelah pensiun dini, Tirto Utomo memutuskan untuk fokus mengembangkan perusahaan milik pribadi yang sebelumnya telah dirintis. Perusahaan seperti PT. Aqua, PT Baja Putih hingga restoran Oasis.

Di awal merintis perusahan PT. Golden Missisipi, Tirto mendapatkan modal dari hasil patungan bersama Slamet Utomo adik iparnya berjumlah 150 juta rupiah. Jumlah ini terhitung sangat besar pada tahun 1973 dan dengan label produksi Aqua. Dengan karyawan pertama berjumlah 38 orang, Tirto terus membesarkan perusahannya hingga sekarang.

Biodata Tirto Utomo


Biografi Pebisnis Tirto Utomo Pendiri Perusahan Aqua Indonesia
Nama Lengkap : Tirto Utomo
Tanggal Lahir : 9 Maret 1930
Tempat Lahir : Hindia Belanda
Meninggal : 16 Maret 1994 (umur 64)
Istri : Lisa Utomo (Kwee Gwat Kien)
Almamater : Fakultas Hukum Universitas Indonesia
Demikian biografi singkat Tirto Utomo sosok pengusaha Indonesia yang sukses mendirikan Perusahaan Aqua Golden Mississipi pada tahun 1973. Semoga dapat memberikan motivasi dan insipirasi kepada banyak orang terkhusus kepada pembaca biografipengusaha.com untuk terus berkarya sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Biografi-tokohpenemu.blogspot.com

1 komentar:

  1. Di Zeus Bola Hanya dengan 1 UserID, Anda sudah bisa bermain berbagai macam jenis permainan Poker kami yaitu :
    - POKER
    - CEME KELILING
    - DOMINO
    - CEME
    - CAPSA SUSUN
    - SUPER 10
    - OMAHA

    Ayo segera daftarkan dirimu dan menangkan puluhan JUTA rupiah!


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607




    BalasHapus