Biografi Pengusaha Tempeh Rustono yang Sukses Di Jepang

Biografi Pengusaha Sukses - Menjadi pengusaha sukses tentu keinginan para pengusaha di Indonesia. Inipun bukan menjadi sebuah impian, Rustonolah yang telah membuktikannya dengan membawa produk kuliner kita ke Jepang. Ia adalah penduduk Indonesia yang tinggi di Shiga - Kansai Prefecture. Di sana ia tinggal dengan istri Tsuruko Kuzumoto, serta 2 putrinya yang berbakat musik.

Biografi Pengusaha - Pria kelahiran 3 Oktober 1968 sebelumnya tumbuh dan bekerja di Hotel Sahid, Indonesia. Langkah menjadi pengusaha Jepang dimulai saat ia bertemu dengan turis asal Negeri Sakura (1995) yang bukan lain adalah istrinya sekarang. Setelah menikahlah ia baru bertekad menjadi pengusaha di Jepang. Mendengar tekad sang suami, Kuzumoto pun menyetujuinya dan mereka pindah pada 1997.

Begitu menginjakkan kaki di Jepang, ia tidak serta merta menjadi pengusaha. Ia mengaku pernah bekerja pada beberapa perusahaan untuk mengumpulkan modal. Sembari bekerja ia pun belajar lebih lanjut tentang kuliner khas Indonesia, yaitu tempe. Makanan dengan berbahan dasar kedelai itu memang tidak pernah dijumpainya di Jepang.

Rustono mengatakan bahwa sudah sering di Jepang ia menemukan makanan olahan kedelai seperti tahu. Namun tidak ada yang menjual tempe. Makanan yang begitu akrab di lidah orang jawa inilah dibuatnya sebagai peluang. Pembelajaran terhadap tempe dilakukannya melalui internet namun sampai dengan 4 bulan ia terus gagal membuatnya. Akhirnya ia pun memutuskan untuk pulang ke Jawa.

Di Jawa, ia mendatangi kurang lebih 60 pengusaha tempe di Semarang sampai Yogyakarta. Ia mencatat dan mengingat semua point penting yang disampaikan oleh para pengusaha itu. Setelah dirasa cukup ia kembali ke Jepang dan kembali mencoba. Memang kesulitan yang paling menghambat adalah izin produksi. Sebab Jepang termasuk negara yang mengutamakan kehigienisan dalam memproduksi makanan.

Setelah mendapatkan izin, ia mulai melakukan pemasaran. Teknik marketing yang digunakannya pun sederhana, yaitu dengan door to door. Namun usahanya belum membuahkan hasil, ia banyak mendapatkan banyak tolakan. Penolakan terjadi karena memang tempe merupakan makanan baru di Jepang dan tidak menjadikan Rustono putus asa. Ia begitu yakin bahwa usahanya ini akan berhasil.

Usaha selanjutnya ia lakukan dengan membeli peta dari Negara Jepang. Dengan menggunakan peta tersebut, ia menentukan beberapa daerah yang menjadi penyaluran tempenya itu. Tak berhenti sampai di situ, Rustono mendirikan pabrik tempe pada tahun 2000. Pabrik berdiri di daerah Otsu, Shiga oleh dia dan istrinya.

Pabrik kecil tersebut berdiri dengan rumah berisi 2 lantai, tempat yang sangat sederhana. Langkah ini menjadi lompatan untuk bisnis Rustono bahkan ia menarik gerobak sendiri bersama istrinya. Dia tetap melakukannya meskipun musim dingin melanda, tentu ini menjadi kegiatan yang berbahaya. Beberapa orang yang melihatnya pun menasihati untuk menghentikan itu.

Rustono hanya menjawab dengan kalimat sendiri bahwa ia sedang membangun mimpinya. Orang tersebut merupakan wartawan dan ia pun semakin tertarik. Akhirnya ia pun diwawancarai sehingga omsetnya pun melonjak.

Biodata Pengusaha Rustono

Nama lahir : Rustono
Biografi Pengusaha Tempeh Rustono yang Sukses Di Jepang

Tempat Lahir : Kabupaten Grobogan

Tempat Tinggal : Shiga - Kansai Prefecture

Tanggal lahir : 3 Oktober 1968

Pekerjaan : Pengusaha

Nama Perusahaan : Rusto's Tempeh Factory

Pasangan : Tsuruko Kuzumoto

Info Online 
Facebook : https://www.facebook.com/rustono.tempeh
Twitter : https://twitter.com/rustotempe
Website : https://rustonotempeh.wordpress.com/

Demikianlah biografi Rustono pengusaha indonesia yang sukses menjadi raja tempe di Jepang. Semoga pembahasan dari biografipengusaha.com dapat memberi anda inspirasi untuk menjadi pengusaha yang pantang menyerah dan meraih kesuksesan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Biografi-tokohpenemu.blogspot.com

1 komentar:

  1. ZEUSBOLA MENYEDIAKAN BONUS UNTUK ANDA!

    CEK SEKARANG JUGA DI ZEUSBOLA UNTUK MENDAPATKAN BONUSNYA!

    Zeusbola Juga Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607


    BalasHapus