Biografi Yasa Singgih Sosok Pengusaha dan Entrepreneur Muda

BiografiPengusaha.com - Pilihan menjadi seorang pengusaha telah dilakukan oleh Yasa Singgih sejak memasuki usia remaja. Yasa telah melalui berbagai kerikil dan jalanan yang tidak mulus untuk mengembangkan usahanya. Jatuh bangun ketika memulai sebuah usaha telah dirasakan sejak remaja.
Biografi Yassa Singgih Sosok Pengusaha dan Entrepreneur Muda

Alasan Berbisnis

Awal dari keputusannya menekuni dunia bisnis adalah tuntutan hidup yang memaksanya harus mandiri. Hal ini terjadi karena keadaan ayah yang menderita sakit jantung ketika Yasa duduk dibangku kelas 3 SMP. Keadaan ini memaksa Yasa untuk berpikir mengenai masa depannya dan juga mencari cara untuk mendapatkan pemasukan secara mandiri.

Upaya mencari pekerjaan dilakukan Yasa dengan melamar sebagai MC pada acara yang diselenggarakan sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta. Diberi kesempatan untuk mengisi hingga 3 kali dalam seminggu dengan gaji sebesar 350.000 tiap tampil. Merasakan kenikmatan dapat berpenghasilan sendiri membuat Yasa semakin semangat untuk mencari uang.

Awal mula mengenal Dunia Bisnis

Yasa mulai mengenal dunia bisnis ketika berusia 16 tahun. Yasa mulai terjun dalam bisnis skala kecil, Ia memilih bisnis online shop karena kemudahannya. Yasa menggunakan BBM sebagai media promosi produk kaosnya dengan brend Men’s Republic. Mengalami bisnis kaos, Yasa mengaku tidak memiliki basic mengenai seluk beluk kaos. Ia hanya mengandalkan keberanian untuk memulai usaha ini. Dalam benaknya hanya terpikir cara praktis yaitu ia dapat membeli kaos di pasar lalu menjualnya secara online.

Setelah memiliki bisnis online, Yasa mencoba peruntungannya dalam dunia bisnis kuliner. Yasa membuka kafe kecil dengan nama Teh Kopi di daerah Kebun Jeruk pada tahun 2012. Tidak menunggu lama, tepatnya 6 bulas setelah menjalankan bisnis di Kebun Jeruk Yasa memutuskan untuk membuka cabang di Mall Ambassador Jakarta Selatan.

Memiliki dua bisnis tidak membuat Yasa semakin tenang, hal ini dikarenakan bisnis yang dikelolanya mengalami kebangkrutan sehingga dampaknya adalah kerugian yang harus ditanggung. Setelah melakukan analisa, kebangkrutan terjadi karena kalkulasi-kalkulasi yang tidak tampak sehingga menyebabkan kegagalan. Yasa juga kurang bisa membagi waktu antara mengurus dua buah bisnisnya dan kewajubannya sekolah. Kerugian ini membuat Yasa harus membongkar tabungan hasil online shop untuk menutupi kerugian.

Puncaknya terjadi pada tahun 2013, Yasa resmi menutup bisnis-bisnisnya. Semua ini dilakukan kaerna nilai kerugian yang harus ditanggung Yasa tidak main-main yaitu sebesar 100 juta rupiah. Setelah menutup usahanya karena modal yang habis dan keinginan fokus dalam UN, Yasa kembali menekuni usaha yang telah dirintisnya. Dengan bendera Men’s Republic, Yasa menawarkan perlengkapan mode khusus pria. Mulai dari sepatu, jeans, kaos, jaket hingga celana dalam.

Yasa memasarkan produknya dengan bantuan sosial media yang kian marak dan mudah diakses. Kini omset yang diraih Yasa mampu menembus izin untuk menikah.



Seperti itulah biografi singkat dari Yasa Singgih, seorang pengusaha muda yang sukses memulai usahanya dari nol. Diharapkan biografi ini dapat memberikan motivasi dan insipirasi kepada banyak orang terkhusus kepada pembaca biografipengusaha.com untuk terus berkarya sesuai dengan keahlian masing-masing. Semoga bermanfaat.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Biografi-tokohpenemu.blogspot.com

Post Comment

0 komentar:

Posting Komentar